Jumat, 18 Januari 2013

PENTINGNYA BERSIHKAN KEYBOARD KOMPUTER


 
 
KUMAN, bakteri, dan virus tidak hanya terdapat pada tempat-tempat yang terlihat kotor saja, namun tempat yang terlihat bersih sekalipun. Salah satu yang perlu diwaspadai dan rajin dibersihkan adalah keyboard komputer.
Hasil riset dari Which Organization, sebuah Organisasi Perlindungan Konsumen, Amerika Serikat  mengatakan, bahwa satu dari limakeyboard komputer lebih banyak terdapat kuman dan bakteri daripada dudukan toilet. Dalam penelitian tersebut dinyatakan, bahwa kuman yang paling banyak adalah lantai toilet, keran di wastafel, serta wastafel.
Di sekolah, alat-alat tulis merupakan tempat utama di mana kuman berada. Sementara di rumah, remotetelevisi sama kotornya dengan spon cuci piring.Jika tak diwaspadai, kuman dan bakteri yang dibiarkan menempel di benda-benda tersebut akan menimbulkan penyakit, terutama pada anak-anak.
"Kuman, bakteri, dan virus tersebut dapat berpindah dan menempel pada tangan dan masuk melewati hidung atau mulut manusia. Anak-anak mudah terserang karena suka menggosok-gosok, mengorek-ngorek, dan mengusap-usap hidung. Kebiasaan ini mengakibatkan mereka terpapar kuman, bakteri, dan virus, lalu masuk ke tubuh sehingga menimbulkan penyakit," jelas Dr Hanny Nilasari SpKK dari FKUI RSCM saat ditemui okezone di Jakarta, Rabu (4/3/2012). Kuman dan virus akan semakin rentan saat anak-anak mengalami luka di permukaan kulit. Untuk menghindari pencemaran kuman ke dalam sel tubuh, maka luka harus segera diobati, salah satunya dengan antiseptik.
"Apalagi jika anak-anak terluka saat bermain, luka yang terbuka akan sangat rentan terhadap terpaan kuman, bakteri, dan virus. Penggunaan antiseptik dapat memberikan perlindungan terhadap bakteri, virus, jamur, dan parasit," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money