Saat mencetak worksheet yang sudah kita buat pada Microsoft Office
Excel, ada kalanya kita harus melakukan beberapa pengaturan dari kondisi
default. Bila pada artikel sebelumnya kita sudah belajar cara mengatur
skala pencetakan dan ukuran kertas yang dipakai untuk mencetak lembar
kerja Excel, maka pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatur
nomor halaman dan menentukan margin halaman lembar kerja Excel.
Selain memakai setting Auto, kita dapat menentukan nomor halaman dengan nomor tertentu untuk halaman pertama dan halaman selanjutnya akan diisi dengan nomor-nomor berikutnya. Hal ini bisa dilakukan bila kita sudah mencetak beberapa lembar halaman sebelumnya dan ingin melanjutkan cetak halaman berikutnya.
Kita juga dapat menentukan nomor halaman dengan bilangan nol, positif maupun negatif. Pengaturan tersebut hanya berlaku bila kita memasang nomor halaman pada header dan footer. Bila kita mencetak tanpa penomoran header dan footer, kita bisa langsung mendapatkan halaman cetak Auto.
Apakah kegunaan tab Margins? Pengaturan Margins digunakan untuk menentukan ukuran margin atau ruang kosong di bagian tepi halaman worksheet yang akan kita cetak. Beberapa pengaturan margins yang akan kita temui saat bekerja menggunakan Microsoft Office Excel adalah:
Cara Mengatur Nomor Halaman
Pada menu File -> Page Setup, kita bisa menemukan menu pengaturan lembar kerja yang akan dicetak. Kotak teks First page number digunakan untuk menentukan nomor halaman pertama lembar kerja (worksheet) yang akan kita cetak. Nilai default yang tertera pada pengaturan adalah Auto. Pengaturan Auto ini berarti bahwa Microsoft Excel akan memberi nomor halaman pertama yang akan kita cetak dengan nomor 1 (satu).Selain memakai setting Auto, kita dapat menentukan nomor halaman dengan nomor tertentu untuk halaman pertama dan halaman selanjutnya akan diisi dengan nomor-nomor berikutnya. Hal ini bisa dilakukan bila kita sudah mencetak beberapa lembar halaman sebelumnya dan ingin melanjutkan cetak halaman berikutnya.
Kita juga dapat menentukan nomor halaman dengan bilangan nol, positif maupun negatif. Pengaturan tersebut hanya berlaku bila kita memasang nomor halaman pada header dan footer. Bila kita mencetak tanpa penomoran header dan footer, kita bisa langsung mendapatkan halaman cetak Auto.
Cara Mengatur Margin Halaman
Selain mengatur nomor halaman, ada kalanya kita harus mengatur margin, yaitu jarak tepi tulisan sesuai ukuran kertas. Untuk mengatur margin halaman lembar kerja yang akan kita cetak, kita bisa menggunakan tabulasi Margins. Dimanakah letak tab Margins? Pertama, bukan menu File -> Page Setup, pilih tab Margins, sehingga akan tampil kotak dialog Page Setup dengan tab Margins.Apakah kegunaan tab Margins? Pengaturan Margins digunakan untuk menentukan ukuran margin atau ruang kosong di bagian tepi halaman worksheet yang akan kita cetak. Beberapa pengaturan margins yang akan kita temui saat bekerja menggunakan Microsoft Office Excel adalah:
- Top. Top Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian atas.
- Bottom. Bottom Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian bawah.
- Left. Left Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian kiri.
- Right. Right Margins digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian kanan.
- Header. Header Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian header (judul kepala).
- Footer. Footer Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian footer (judul kaki).
0 komentar:
Posting Komentar